Event Details

  • Date:
  • Venue: Wot Batu


VIDEO MUSIK KESEMPATAN

DIASTIKA X WOT BATU X EMBARA FILMS


Bandung, 25 Juni 2018

Untuk melengkapi single “Kesempatan” yang telah di rilis tanggal 11 April 2018, Diastika sebagai penyanyi berkolaborasi dengan Pak Sunaryo sebagai salah satu arsitek kontemporer terbaik di Indonesia dan Embara Films yang telah meraih banyak prestasi, untuk memproduksi musik video ‘Kesempatan’ yang dirilis pada tanggal 13 Juli 2018 di Wot Batu Bandung.

Di bidang Seni Rupa, pada tahun 2015 Sunaryo mendirikan Wot Batu, sebuah karya seni yang mengekspresikan perjalanan spiritual beliau selama berkesenian. Terdiri dari instalasi batu sebanyak 136 buah, yang dikomposisikan dalam lahan seluas 2000 m2, sebagai medium untuk menjembatani kehidupan manusia secara general dengan sisi spiritual mereka. Dalam artian lain, Wot Batu sesungguhnya menyajikan jejak-jejak manusia kini untuk pengembangan masa depan.

Embara Films dalam dunia perfilman tanah air merupakan seorang produsen film dengan fokus pada keindahan seni, budaya dan alam. Diambil dari bahasa sansekerta, Embara memiliki arti sebagai pengelana. Hal ini kembali kepada pendiri Embara Films, Galih Mulya Nugraha dan Febian Nurrahman Saktinegara yang memiliki ketertarikan besar pada beragam bentuk ekspedisi dan mendokumentasikannya ke dalam bentuk film dokumenter. Beberapa karya ternama mereka bisa ditemukan dalam film Epic Java dan Indonesia Kirana . Dalam dunia musik sendiri mereka telah banyak membantu para penyanyi muda Indonesia melalui perancangan video musik terkonsep seperti pada video musik Tulus dari single “Manusia Kuat” dan “Ruang Sendiri” serta Vidi Aldiano dengan single-nya “Definisi Bahagia”. Dari beberapa karyanya, Embara Films mendapatkan penghargaan-penghargaan ternama seperti Best Juri Price dari Festival Film Indonesia (FFI) dan Piala Maya 2013, nominasi Film Dokumenter Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) dan Piala Maya di tahun 2016, Video Musik Terbaik Piala Maya 2016 dan 2017, Dan terakhir mendapatkan penghargaan Video Music of the Year dari Indonesian Choice Awards 2018.

Dalam musik video yang berdurasi 4:30 menit dengan di produksi oleh Melon Lemon, Diastika ingin menampilkan gaya arsitek kontemporer Indonesia yang di ikat manis oleh garis merah sehingga tidak mengurangi kelembutan dari lirik lagu dan musik di single ‘Kesempatan’ ciptaan nya sendiri.

Dengan tampilan yang mengedepankan kesan ruang, memberikan tampilan luas dari ruang yang hadir dalam karya Sunaryo di Wot Batu. Namun tidak mengesampingkan semua detail unsur estetik yang dibuat oleh Sunaryo, seperti tekstur pada material karya dan setiap unsur alam yang terdapat dalam ruang arsitektural tersebut. Dengan arahan koreografer Keni K. Soeriaatmadja, gerakan gemah gemulai Diastika yang ditekankan dari kostum dan efek “slow motion”, menyeimbangkan maskulinitas dari arsitektural Wot Batu. Pemilihan warna hangat yang ditampilkan dalam video musik ini, melambangkan perasaan kepercayaan dan kelembutan.

 

Keunikan pada musik video ini ada pada akhir, dimana air bertransisi menjadi lilin yang menyala, dengan latar puisi yang diiringi musik intro dari single berikut nya Diastika.

 

Musik video ‘Kesempatan’ ini menyajikan karya seni seorang arsitek Sunaryo kepada publik, berjalan selaras dengan idealis dari Diastika yang ingin mencoba untuk mengekspos dan meningkatkan pengetahuan dan apresiasi gaya arsitektur kontemporer Indonesia.

 

Dengan gaya unik mereka, Embara Films mampu menangkap idealisme Diastika serta idealisme Pak Sunaryo dalam membungkus arsitektur dan musik dengan elegan sehingga menjadi karya seni yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.

 

Salam,

Diastika, Wot Batu dan Embara Films



Credits:

Embara Films Team:
Video Producer: Melon Lemon
Director: Galih Mulya Nugraha
D.O.P: Ponti Ramanta, Febian Nurrahman Saktinegara
Camera assistant: Derry Pratama
Video editor: Febian Nurrahman Saktinegara
Video colorist: Febian Nurrahman Saktinegara
Art director: Maharani Mancanagara
Coreographer: Keni K. Soeriaatmadja

Wot Batu Team:
General manager: Maharani Mancanagara
Operational manager: Saksi Satria Wiguna
Program associate: Christine Geriette Toelle

Kitchen: Setra Wijaya Kusumah
Security: Asep Rohiman
Security: Suhana
Security: Sudiya

8Creations Team:
Executive Producer: Riri Muktamar, Dyakso Lokesworo, Rika Lokesworo
MUA: Lavinia Adjie
Hair: Rino
Outfit: Diastika


Composed by: Diastika Lokesworo & Ari Renaldi
Produced, arranged, mixed, and mastered by: Ari Renaldi
Vocals: Diastika
Drums, keyboards, loops: Ari Renaldi
Guitars: Topan Abimanyu